Halaman

Minggu, 24 Maret 2013

Al-Qur’an Study Club


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera semuanya sahabat C’MUT yang dirahmati Alloh *tumben openingnya agak bener* :D

Hari ini seperti biasa, gue kagak bisa tidur alias amnesia ech insomnia. Sudah menjadi kebiasaan gue begadang hingga tengah malam. Sebenernya gue juga gak suka kebiasaan buruk gue ini, tapi mau bagaimane lagi ini dach menjadi penyakit ane, susah banget untuk tidur, pikiran melayang kemana-mana dan tak bisa berhenti. Tapi disyukuri sajalah, setiap yang terjadi pasti ada hikmahnya, dan hikmah dari insomnia gue hari ini gue bisa berbagi sedikit cerita buat sahabat C’MUT sekalian *asik apa hasyeeek* , hehehe..

Hari ini hari yang special buat gue, gue dach merealisasikan salah satu komitmen gue untuk mempelajari lebih dalam tentang Al-Qur’an. Sebagaimana yang telah gue share pada postingan gue sebelumnya, gue pingin banget menjadi seorang yang hafal Al-Qur’an, karena Al-Qur’an adalah buku manualnya kehidupan umat manusia dimuka bumi, bisa dibayangkan seandainya sebuah produk tidak mengikuti buku manualnya, pastinya akan hancur dan rusak, seperti kondisi moral anak bangsa sekarang ini yang banyak membuat kerusakan, gue juga turut prihatin dengan kondisi masa depan bangsa saat ini. Aniway bagi yang belum baca postingan gue sebelumnya yang gue maksud diatas bisa dibaca disini!!!

Hari ini gue mendaftarkan diri gue di Al-Qur’an Study Club (ASC) Universitas Negeri Malang (UM). Ini merupakan salah satu organisasi intra kampus yang bergerak di bidang keilmuan khususnya dalam mempelajari Al-Qur’an. Di ASC ini banyak yang bisa kita pelajari seperti tartil qur’an, tahfidz qur’an, fahmil qur’an, tilawatil qur’an, membuat kaligrafi, dan lain sebagainya. Bersama teman-teman yang baik-baik tentunya yang bisa menjadi pengobat hati *keinget lagunya bang opick obat hati* .



ASC mengadakan openhouse pada hari sabtu kemarin, 16 maret 2013 pada jam 09:00 WIB di
Aula masjid Al-Hikmah Universitas Negeri Malang.

Di ASC ini juga akan dibimbing langsung oleh dosen-dosen UM yang tentunya bacaan Al-Qur’anya sudah mantep jadi semakin luar biasa. Untuk biaya pendaftaran temen-temen tidak perlu khawatir apalagi yang suka gratisan, biaya kita untuk belajar Al-Qur’an di ASC ini insyaalloh gratis kok, asik khan, dach gratis dapat ilmu yang bermanfaat di dunia dan di akhirat.
Untuk cp silahkan hubungi 085655524700 (faisol).

Berikut ada Tanya jawab seputar ASC, CEKIDOT!!!

Kependekan dari apa sih ASC AL-HIKMAH?

Al-Qur’an Study Club Al-Hikmah.



Apa itu maksudnya?

Club yang bergerak dalam bidang pembelajaran Al-Qur’a di Universitas Negeri Malang.



Bidangnya apa saja?

Ada 3 bidang utam: Shouty, Kitaby dan Fahmy.

BIdang Shouty:

·          Tilawatul Qur’an (itu lo…yang biasanya kita kenal dengan qiro’ah, suaranya biasanya tinggi dan bacanya pelan) :)

·         Tartilul Qur’an (ini yang biasanya kita dengar di MP3, disebut murottal itu lo.. :)

·         Hifzhul Qur’an (ini bagi yang mau menghafal Al-Qur’an, bagi pemula bisa..bagi yang melanjutkan hafalan bisa.. :)

·         Tahsinul Qiro’ah (ini membenarkan cara kita membaca Al-Qur’an, makhraj) :)



Bidang Kitaby:

·         Khotthul Qur’an (ini kaligrafi, menulis indah gitu,,, :)

·         Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (ini nulis karya ilmiah tapi basicnya Al-Qur’an).

Bidang Fahmy:

·         ‘Ulumul Qur’an (ini memahami Al-Qur’an, kalau di Musabaqah Tilawatil Qur’an akan mengikuti cerdas-cermat Al-Qur’an / Musabaqah Fahmil Qur’an) :)



Model kegiatannya bagaimana?

Pembinaan berkala, seminggu sekali. Jadwalnya sesuai masing-masing bidang yang diikuti. :)



Pembinannya siapa?

Pembina utamanya adalah Ustadz Fuad Effendy, dosen Sastra Arab UM sekaligus ketua Yayasan Majid Al-Hikmah. Untuk masing-masing bidang, pembinanya berasal dari dosen dan alumni jurusan Sastra Arab UM.



Siapa saja yang bias bergabung dengan ASC AL-HIKMAH?

Semua mahasiswa di Universitas Negeri Malang dan terbuka untuk mahasiswa diluar Universitas Negeri Malang. Berlatarbelakang organisasi apapun, :)



Boleh ikut berapa bidang di ASC AL-HIKMAH?

Terserah rekan-rekan sekalian. Asalkan bisa menyesuaikan dengan jadwal masing-masing bidang karena ada beberapa bidang yang bersamaan.



Lalu jadwal pembinaanya kapan saja?

Sampai saat ini ada jadwal sementara, waktu Open House besok akan ditawarkan kepada peserta masing-masing bidang sehingga disepakati waktu pastinya. Datang ke stand untuk tau jadwal lengkapnya ya.. :)



Apa bedanya ASC AL-HIKMAH dengan BDM AL-HIKMAH?

ASC AL-Hikmah berada di bawah Yayasan Masjid Al-Hikmah Universitas Negeri Malang, dimana Yayasan ini berada langsung dibawah rektorat Universitas. Sedangkan BDM Al-Hikmah merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada di bawah naungan Kemahasiswaan Universitas. BDM Al-HIkmah hingga saat ini dipercaya menjadi takmir di masjid kampus kita. :)



Apakah ini Bagian dari Organisasi Ekstra Kampus (OMEK)?

Tidak. Seperti yang dijelaskan diatas.



Apa ASC Al-Hikmah Ditunggangi Organisasi Politik Tertentu?

Tidak. Seperti yang dijelaskan diatas.



Mengapa Pengurusnya ada yang dari Orgasnisasi Ektra Kampus Politik Berlabel Keagamaan?

Pengurus ASC Al-Hikmah berasal dari latar belakang yang beragam. Sebagian kuliah sembari mondok di pesantren-pesantren di Malang seperti  Pondok Pesantren Anwarul Huda Karang Besuki Malang, Pondok Pesantren Al-Islahiyah Putri Malang, Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Pesantren, Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Putri Nurul Furqon Malang.

Sebagian lainnya anggota aktif KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia-organisasi politik mahasiswa dibawah PKS-Partai Keadilan Sejahtera), beberapa lainnya aktif di HTI (Hizbut Tahrir Indonesia), beberapa lainnya aktif di PMII (Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia-organisasi Mahasiswa dibawah Nahdlatul Ulama).

Sebagian lainnya aktif di organisasi intra kampus dan atau aktif di kuliah saja. :)
Kami, pengurus, berasal dari latar belakang yang beragam dan terbuka untuk semua kelompok.



Membangun suasana kondusif pemberlajaran Al-Qur’an adalah harapan kami,

Bersama, mari kita wujudkan, generasi Qur’ani berjiwa Rabbani. :)





Sahabat C’MUT sekian dulu yaa cerita gue hari ini, sampai jumpa pada postingan selanjutnya!!
Bagi yang berminat jangan lupa gabung di ASC dan mari belajar Al-Qur’an sama-sama J

Akhirusalam, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar