Halaman

Minggu, 11 Mei 2014

Arti Sebuah Kebahagiaan

Sudah bukan rahasia lagi bahwasanya kebahagiaan adalah satu kalimat yang menjadi tujuan semua manusia di muka bumi ini. Banyak cara ditempuh oleh manusia untuk mencapai tujuan ini, banyak diantara manusia rela melakukan hal apapun selama mereka menganggap itu adalah untuk kebahagiaan mereka.

Sayangnya banyak manusia yang tertipu oleh fatamorgana kehidupan, banyak yang sudah bersusah payah bekerja mati-matian membanting tulang, memeras keringat tetapi tidak pernah merasa puas dan bahagia. Banyak yang menganggap bila seseorang itu mempunyai tujuan dan berhasil merealisasikanya maka dia akan bahagia akan tetapi seringkali manusia tidak bahagia meskipun impianya telah tercapai. Manusia masih selalu dan senantiasa merasa kurang dan karena itu manusia tidak bahagia.

Manusia memang memiliki sifat ingin berkuasa dan sifat berlebihan, jika mereka tidak bisa mengendalikan sifat tamak ini maka sehebat dan sekaya apapun manusia tersebut maka dia tidak akan mendapatkan kebahagiaan. Manusia yang selalu merasa kurang maka dia akan selalu gelisah memikirkan kekuranganya tersebut hingga dia tidak akan bisa bahagia walaupun kekayaanya melimpah.

Sebenarnya untuk menjadi bahagia itu tergantung dari diri kita masing-masing. Tuhan itu maha penyayang dan maha pemberi kebahagiaan. Dia pasti akan memberikan kebahagiaan bagi hamba-hambanya yang ingin bahagia meskipun dalam kondisi apapun, karena sesungguhnya kebahagiaan itu akan mendatangi orang-orang yang mensyukuri semua yang dimilikinya, ikhlas menerimanya dan yakin bahwa semua yang diberikan oleh Tuhan kepada kita adalah yang terbaik untuk diri kita.

Dengan bersyukur dan ikhlas kita akan selalu mengingat Tuhan yang menguasai segalanya, kita akan senantiasa berusaha untuk dekat kepada-Nya dan Tuhan pasti akan memberikan cinta, kasih sayang dan kebahagiaan bagi hambanya yang dekat kepadanya. Banyak manusia yang hilang dan tidak bisa mendapat hidayah dan kebahagiaanya.


aku ingin bahagia

Jika kita merasa tidak pernah bisa untuk bahagia mungkin hal pertama yang harus kita teliti adalah bagaimana hubungan kita dengan Tuhan yang menguasai seluruh alam ini, bagaimana hubungan kita dengan keluarga, saudara, teman dan semua tetangga kita? Jika ada satu hubungan yang tidak baik pastilah kita akan kehilangan satu kesempatan untuk menjadi bahagia. Tulisan ini saya buat sebagai wujud syukur saya karena telah diberikan hidayah oleh Tuhan untuk menemukan arti sebuah kebahagiaan, saya ingin berbagi dan berharap semua pembaca sekalian mendapat hidayah juga untuk mencapai kebahagiaan. Semua yang saya tulis disini adalah dari pengalaman pribadi saya sendiri selama 21 tahun menginjakan kaki di muka bumi ini.

Berikut ini saya akan berbagi tips-tips sederhana yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk bisa bahagia dan semua ini berdasarkan pengalamn pribadi saya dan pengamatan selama ini :


1.    Bersyukur

Bagaimanapun keadaan kita, dengan bersyukur kita pasti akan bisa lebih menikmati semua karunia yang diberikan oleh Tuhan kepada kita semua karena masih banyak yang lebih kekurangan dari kita. Kita mestinya bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk hidup dan menghirup udara segar dengan nyaman dan sehat, masih diberi kesempatan untuk menikmati kehidupan ini.

2.    Taqwa

Dengan dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa maka Tuhan pasti akan memberikan hidayahnya kepada kita berupa kebahagiaan. Dengan mencintai Allah SWT pasti kita akan merasakan kebahagiaan di setiap langkah kita dan kita akan menjalankan semua aktivitas kita semata-mata hanya untuk mengharap karunia dan ridho Allah SWT. Berikut ini adalah janji Allah untuk orang yang bertaqwa : Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkannya (TQS ath-Thalaq [65] : 2-3). Dengan taqwa dan kepercayaan kita akan janji Allah hal sesulit apapun pasti tidak akan membuat kita bersedih dan kita akan selalu bahagia karena kita percaya akan janji Allah.

3.    Menyenangkan orang lain

Dengan kita membuat orang lain senang dan bahagia dengan apa yang telah kita perbuat kepada mereka pastilah akan ada kepuasan tersendiri buat kita, dan kita juga pasti akan ikut bahagia melihat orang yang kita bantu itu bahagia, dengan berbuat ikhlas dan tulus membantu orang lain insyaalloh kitapun juga akan mendapatkan kebahagiaan itu.


Mungkin cukup sekian dulu yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, inshaalloh kita akan secepatnya dipertemukan pada postingan saya selanjutnya, tunggu postingan-postingan saya selanjutnya di sini, sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar