Halaman

Rabu, 07 Januari 2015

Live with Passion

Ada sebuah pepatah, hidup ini adalah tempat kita singgah dalam perjalanan kita, tempat kita berjuang sebelum akhirnya nanti kita akan kembali ke kampung halaman kita yaitu akhirat. Dalam hidup yang singkat ini kita memiliki suatu misi atau tugas yaitu tidak lain dan tidak bukan adalah untuk beribadah kepada Allah SWT yang telah menciptakan kita semuanya dengan sempurna.

Dalam hidup yang singkat ini tentu saja kita membutuhkan sebuah pekerjaan untuk bisa menghadapi kerasnya kehidupan ini. Akan tetapi sangat disayangkan banyak sekali orang yang demi pekerjaannya menjadi tersiksa, bahkan menjadi tidak bisa menikmati kehidupannya. Tidak bisa hidup bebas seperti yang selalu dia bayangkan.

Hal tersebut terjadi salah satunya adalah orang tersebut tidak bekerja sesuai dengan passionnya atau bidang yang dia sukai. Sebagian besar sekolah-sekolah di Indonesia kurang memberikan perhatian yang serius terhadap para peserta didik dan memaksakan sebuah ilmu kepada peserta didik. Padahal belum tentu peserta didik tersebut enjoy dan memiliki minat terhadap pelajaran tersebut.



Saat kita merasa tersiksa dan melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan passion kita, pastilah kita akan menderita, dan mungkin karena hal itu juga kita bisa banyak berbuat dosa seperti tidak menjalankan amanah dengan baik, suka tidak jujur, membenci atasan dan masih banyak lagi yang mana hal itu bisa mendatangkan murka Allah SWT.

Bekerja sesuai passion adalah hal yang sangat penting untuk menunjang produktivitas dan kebahagiaan kita hidup di dunia ini. Dengan bekerja sesuai passion kita akan merasa tenang dan bahagia menjalani kehidupan ini, bekerja secara ikhlas dan tentunya produktif. Pekerjaan yang bisa kita gunakan untuk sarana beribadah kepada Allah SWT.

Pada sebuah artikel saya mempelajari bahwa Passion itu adalah Hobby + Productive Results + Freedom. Yang pertama passion itu adalah hobby, maksudnya adalah kita bekerja sesuai dengan bidang yang kita senangi di mana kita rela bekerja pada bidang tersebut meskipun tanpa imbalan, itulah yang disebut kesenangan. Alangkah bahagianya jika kita bisa bekerja yang sesuai dengan kesenangan kita, kita takan pernah mengeluh karena pekerjaan bahkan sebaliknya kita akan selalu semangat.

Yang kedua Productive Results, maksudnya adalah dari kesenangan atau hobby kita itu kita berpikir bagaimana mengembangkan hobby kita itu untuk menjadi sesuatu yang menghasilkan dan bisa menjadi sumber rezeki buat kita. Misalnya kita hobby untuk bersosialisasi dan ngomong di depan orang banyak, maka kita bisa mengembangkan hobby kita itu untuk menjadi seorang trainer/motivator, atau yang lain yang bisa menghasilkan. Karena dengan bekerja sesuai passion selain menjadi sumber rezeki juga menjadi sarana penyaluran hobby juga sarana beribadah asalkan semua yang kita lakukan adalah ikhlas demi mencari keridhoan Allah SWT.

Yang ketiga Passion adalah Freedom, maksudnya adalah dalam bekerja kita merasa bebas dan senang dan tidak ada perasaan tertekan atau terpaksa sama sekali dalam melakukan pekerjaan itu. Dengan kebebasan dan keikhlasan tersebut kita bisa menghasilkan sesuatu yang maksimal dan produktif. Bekerjalah secara bebas sesuai dengan minat dan kesukaan niscaya kebahagiaan akan mendatangi anda.

Jadi dalam hidup yang cuma sementara ini, marilah kita nikmati dengan indahnya beribadah kepada-Nya dan melakukan hal-hal yang kita sukai termasuk juga pekerjaan yang akan kita pilih. Selamat mencari passion masing-masing dan semoga semua bisa bekerja sesuai dengan passionnya sendiri-sendiri.

Malang, 8 Januari 2015


Althaf Ghazali Jurianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar