Halaman

Kamis, 08 Januari 2015

Time Is?


Berbicara masalah waktu, setiap orang mempunyai pandangan sendiri-sendiri untuk menerjemahkannya. Mengenai waktu ini Allah SWT telah berfirman. Demi masa, Sesungguhnya manusia benar-benar berada di dalam kerugian, melainkan mereka yang beriman dan yang beramal saleh serta saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran (Q.S. Al ‘Ashr ).

Berdasarkan surat diatas Allah telah menjelaskan bahwa kita semuanya adalah dalam keadaan merugi apabila kita hidup tanpa iman dan amal. Hidup hanya sekedar hidup dan sedikit mengingat-Nya. Dalam perantauan kita yang sebentar ini waktu sedetikpun adalah sangat berharga sekali, jika tidak ingin merugi maka hendaknya kita tidak menyiakan waktu sedetikpun seperti firman Allah berikut : Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain (Q.S. Al Insyiroh : 7).


Demikian Allah telah mengajarkan kepada manusia untuk memanfaatkan waktu dengan sebaiknya dengan bersungguh-sungguh di dalam melakukan suatu pekerjaan. Tanpa ada main-main, malas dan lalai dan setelah pekerjaan satu selesai segera kita mengerjakan urusan yang lain.

Waktu itu begitu berharga dan sangat sayang untuk disia-siakan. Bagi seorang penuntut ilmu, waktu adalah ilmu. Semakin banyak waktu, semestinya semakin banyak ilmu yang dikuasai. Bagi seorang bisnisman waktu adalah relasi dan teman, karena semakin banyak waktu semakin sering pula bersosialisasi, waktu adalah berbagi ilmu buat seorang guru dan ustadz. Dan lain sebagainya, yang jelas waktu adalah ibadah apabila kita meniatkan semua aktivitas kita untuk beribadah dan mencari keridhoan Allah SWT.

Sebagai seorang muslim hindari sifat malas, lalai dan membuang waktu untuk melakukan hal yang tidak berguna. Manfaatkan waktu sebaik mungkin karena waktu yang telah berlalu tiada pernah kembali lagi, jadi jangan sampai menyesal kedepannya. Gunakan waktu luang untuk  mengingat Allah dengan berdzikir agar mendapatkan kasih sayang-Nya. Karena jika Allah sayang kepada kita pasti Dia takan membiarkan kita menjadi orang yang merugi. Semoga kita semua bisa memanfaatkan waktu kita dengan sebaik mungkin, Amin ya robal alamin.

Malang, 8 Januari 2015

Althaf Ghazali Jurianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar